TUTORIAL PERMAINAN ACAK GAMBAR
Tujuan: untuk
membuat program acak gambar menggunakan visual basic 2010 serta mengaplikasikan
beberapa control dasar
Form1
Awal form saat
kita buka game akan muncul tampilan diatas, kita lalu bisa memulai game. Ada
dua nyawa yang disediakan.
Setiap kali
langkah game apabila kita kalah maka akan terjadi peringatan msg.box “Try
Again” maka kesempatan nyawa bermain berkurang 1, dan apabila tepat gambarnya
pada rumus maka akan muncul “Congratulation!” nyawa permainan akan tambah dan
max 5.
Listing
form 1
Public Class Form1
Dim
x, y1, y2, y3 As Integer
Private
Sub Timer1_Tick(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Timer1.Tick
x = x + 1
If
x < 100 Then
y1 = Int(1 + Rnd() * 5)
y2 = Int(1 + Rnd() * 5)
y3 = Int(1 + Rnd() * 5)
Keterangan: Listing diatas adalah pola random dari
gambar yang ada, ada 5 gambar. x
mula-mula bernilai 0, counter akhir bernilai 1, x mula-mula berikutnya nilainya 1, x akhir berikutnya
nilainya 2, dan seterusnya.
Jika nilai x
akhir bernilai kurang dari seratus
maka gambar pada label1, label2 dan label 3 akan berganti-ganti secara acak.
Listing
diatas adalah pola random dari gambar yang ada.
Select
Case y1
Case
1
PictureBox1.Image
= ImageList1.Images.Item(0)
Case 2
PictureBox1.Image
= ImageList1.Images.Item(1)
Case 3
PictureBox1.Image
= ImageList1.Images.Item(2)
Case 4
PictureBox1.Image
= ImageList1.Images.Item(3)
Case 5
PictureBox1.Image
= ImageList1.Images.Item(4)
End
Select
Keterangan: Menampilkan gambar
yang ada di imagelist1 ke picturebox1.Di Imagelist terdapat 5 gambar yang
nantinya akan muncul secara random ketika program di run. Pergantian
gambar pada picturebox1 dapat memilih salah satu dari
ImageList1.Images.Item(0), ImageList1.Images.Item(1), ImageList1.Images.Item(2),
ImageList1.Images.Item(3), ImageList1.Images.Item(4)
Select
Case y2
Case 1
PictureBox2.Image
= ImageList1.Images.Item(0)
Case 2
PictureBox2.Image
= ImageList1.Images.Item(1)
Case 3
PictureBox2.Image
= ImageList1.Images.Item(2)
Case 4
PictureBox2.Image
= ImageList1.Images.Item(3)
Case 5
PictureBox2.Image
= ImageList1.Images.Item(4)
End
Select
Keterangan: Menampilkan gambar
yang ada di imagelist1 ke picturebox2.Di Imagelist terdapat 5 gambar yang
nantinya akan muncul secara random ketika program di run. Pergantian
gambar pada picturebox2 dapat memilih salah satu dari
ImageList1.Images.Item(0), ImageList1.Images.Item(1),
ImageList1.Images.Item(2), ImageList1.Images.Item(3), ImageList1.Images.Item(4)
Select
Case y3
Case 1
PictureBox3.Image
= ImageList1.Images.Item(0)
Case 2
PictureBox3.Image
= ImageList1.Images.Item(1)
Case 3
PictureBox3.Image
= ImageList1.Images.Item(2)
Case 4
PictureBox3.Image
= ImageList1.Images.Item(3)
Case 5
PictureBox3.Image
= ImageList1.Images.Item(4)
End
Select
End
If
End
Sub
Keterangan: Menampilkan gambar yang ada di
imagelist1 ke picturebox3.Di Imagelist terdapat 5 gambar yang nantinya akan
muncul secara random ketika program di run.
Pergantian gambar pada picturebox4
dapat memilih salah satu dari ImageList1.Images.Item(0),
ImageList1.Images.Item(1), ImageList1.Images.Item(2),
ImageList1.Images.Item(3), ImageList1.Images.Item(4)
Private
Sub Button1_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button1.Click
Timer1.Enabled = True
Button2.Enabled = True
End
Sub
Keterangan: apabila kita mengklik button1 maka
Waktu untuk random gambar mulai aktif dan maka program casino akan berjalan.
Private
Sub Button2_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button2.Click
Timer1.Stop()
If
(y1 = y2) Or (y2 = y3) Or
(y1 = y3) Then
MsgBox("Congratulation!", 0, "Reward"
TextBox1.Text =
TextBox1.Text + 1
If
TextBox1.Text = "5" Then
MsgBox("SELAMAT ANDA MENANG")
Form2.Show()
End
If
Else
TextBox1.Text =
TextBox1.Text - 1
If
TextBox1.Text < "0" Then
TextBox1.Text = ""
MsgBox("MAAF ANDA BELUM BERUNTUNG")
Form2.Show()
Else
If TextBox1.Text > "-1"
Then
MsgBox("TRY AGAIN!")
End If
Button2.Enabled = False
End
Sub
Keterangan: Jika button 2 di klik maka timer akan
nonaktif dan gambar yang tadinya lagi acak akan berhenti. Ada beberapa ketentuan
dari listing ditas. Yaitu apabila random dari gambar acak itu = (y1 = y2) Or (y2 = y3) Or (y1 =
y3) maka akan muncul messagebox ("Congratulation!",
0, "Reward") maka kita kan
mendapat penambahan nyawa 1 point dan juga apabila kita menang sampai 5 kali
maka point di textbox1nya mencapai 5 point.Maka akan muncul Msgbox ("SELAMAT ANDA MENANG"). Tapi jika
textbox 1 atau nyawa yang tinggal <0 dan textbox1 kosong maka akan muncul
MsgBox("MAAF ANDA BELUM BERUNTUNG").
Dan akan ada pengurangan point nyawa ditextbox1.Dan jika nyawa yang tinggal
udah tidak ada maka akan muncul MsgBox("TRY
AGAIN!")
Private
Sub Form1_Load(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
MyBase.Load
TextBox1.Text = "2"
Button2.Enabled = False
End
Sub
Keterangan:Ditentukan
jumlah nyawa yang ada pada game ini adalah 2.
Private
Sub Button3_Click_1(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button3.Click
Form2.Show()
End
Sub
End Class
Keterangan apabila kita klik button 3 maka akan muncul
form2
Berikut komponen toolbox yang digunakan
Komponen
|
Properties
|
Keterangan
|
Form1
|
Name
Text
|
Form1
Oke
|
Label 2
|
Name
Text
|
Label2
Permainan acak gambar
|
Label1
|
Name
Text
|
Label1
Nyawa anda tinggal
|
Textbox1
|
Name
Text
|
Textbox1
|
Picturebox1
|
Picturebox1
|
|
Picturebox2
|
Picturebox2
|
|
Picturebox3
|
Picturebox3
|
|
Button1
|
Name
Text
|
Button1
Start
|
Button2
|
Name
Text
|
Button2
End
|
Button3
|
Name
Text
|
Button3
Exit
|
Form2
Di
dalam form 2 akan ada
2 pilihan, jika kita memilih Ya maka
muncul form 1 dan kita akan menjalankan game lagi, tapi kalau tidak maka
permainan berakhir sudah.
Listing
form 2
Private Sub Button1_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button1.Click
Form1.Show()
Me.Hide()
End Sub
Keterangan :Jika button1 diklik maka akan muncul form1.Itu artinya kita
bisa memulai permainan lagi.
Private Sub Button2_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button2.Click
End
End Sub
Keterangan :Jika kita klik button2 maka aplikasi selesai dijalankan.
Komponen toolbox dalam form2
Komponen
|
Properties
|
Keterangan
|
Form2
|
Name
Text
|
Form2
Oke
|
Label 1
|
Name
Text
|
Label1
Main lagi?
|
Button1
|
Name
Text
|
Button1
Ya
|
Button2
|
Name
Text
|
Button2
Tidak
|
Demikian tutorial cara membuat game casino
angka. Kita bisa mengubah dan membuat listing baru sesuai dengan keinginan kita
dan menginginkan game yang sepertia apa, akan bisa kita ciptakan sendiri.
SELAMAT MENCOBA
gan kodingan ya susah pas bikin ama contoh membingungkan
BalasHapus