Senin, 10 Desember 2012

TUTORIAL PERMAINAN ACAK GAMBAR


TUTORIAL PERMAINAN ACAK GAMBAR
Tujuan: untuk membuat program acak gambar menggunakan visual basic 2010 serta mengaplikasikan beberapa control dasar
Form1




Awal form saat kita buka game akan muncul tampilan diatas, kita lalu bisa memulai game. Ada dua nyawa yang disediakan.
Setiap kali langkah game apabila kita kalah maka akan terjadi peringatan msg.box “Try Again” maka kesempatan nyawa bermain berkurang 1, dan apabila tepat gambarnya pada rumus maka akan muncul “Congratulation!” nyawa permainan akan tambah dan max 5.
Listing form 1
Public Class Form1
    Dim x, y1, y2, y3 As Integer

    Private Sub Timer1_Tick(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Timer1.Tick
        x = x + 1
        If x < 100 Then
            y1 = Int(1 + Rnd() * 5)
            y2 = Int(1 + Rnd() * 5)
            y3 = Int(1 + Rnd() * 5)

Keterangan: Listing diatas adalah pola random dari gambar yang ada, ada 5 gambar. x mula-mula bernilai 0, counter akhir bernilai 1, x mula-mula berikutnya nilainya 1, x akhir berikutnya nilainya 2, dan seterusnya.
Jika nilai x akhir bernilai  kurang dari seratus maka gambar pada label1, label2 dan label 3 akan berganti-ganti secara acak.

 Listing diatas adalah pola random dari gambar yang ada.

            Select Case y1
                Case 1
                    PictureBox1.Image = ImageList1.Images.Item(0)
                Case 2
                    PictureBox1.Image = ImageList1.Images.Item(1)
                Case 3
                    PictureBox1.Image = ImageList1.Images.Item(2)
                Case 4
                    PictureBox1.Image = ImageList1.Images.Item(3)
                Case 5
                    PictureBox1.Image = ImageList1.Images.Item(4)
            End Select

Keterangan: Menampilkan gambar yang ada di imagelist1 ke picturebox1.Di Imagelist terdapat 5 gambar yang nantinya akan muncul secara random ketika program di run. Pergantian gambar pada picturebox1 dapat memilih salah satu dari ImageList1.Images.Item(0), ImageList1.Images.Item(1), ImageList1.Images.Item(2), ImageList1.Images.Item(3), ImageList1.Images.Item(4)



            Select Case y2
                Case 1
                    PictureBox2.Image = ImageList1.Images.Item(0)
                Case 2
                    PictureBox2.Image = ImageList1.Images.Item(1)
                Case 3
                    PictureBox2.Image = ImageList1.Images.Item(2)
                Case 4
                    PictureBox2.Image = ImageList1.Images.Item(3)
                Case 5
                    PictureBox2.Image = ImageList1.Images.Item(4)
            End Select

Keterangan: Menampilkan gambar yang ada di imagelist1 ke picturebox2.Di Imagelist terdapat 5 gambar yang nantinya akan muncul secara random ketika program di run. Pergantian gambar pada picturebox2 dapat memilih salah satu dari ImageList1.Images.Item(0), ImageList1.Images.Item(1), ImageList1.Images.Item(2), ImageList1.Images.Item(3), ImageList1.Images.Item(4)




            Select Case y3
                Case 1
                    PictureBox3.Image = ImageList1.Images.Item(0)
                Case 2
                    PictureBox3.Image = ImageList1.Images.Item(1)
                Case 3
                    PictureBox3.Image = ImageList1.Images.Item(2)
                Case 4
                    PictureBox3.Image = ImageList1.Images.Item(3)
                Case 5
                    PictureBox3.Image = ImageList1.Images.Item(4)
            End Select
        End If
    End Sub

Keterangan: Menampilkan gambar yang ada di imagelist1 ke picturebox3.Di Imagelist terdapat 5 gambar yang nantinya akan muncul secara random ketika program di run.
Pergantian gambar pada picturebox4 dapat memilih salah satu dari ImageList1.Images.Item(0), ImageList1.Images.Item(1), ImageList1.Images.Item(2), ImageList1.Images.Item(3), ImageList1.Images.Item(4)






    Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
        Timer1.Enabled = True
        Button2.Enabled = True
    End Sub

Keterangan: apabila kita mengklik button1 maka Waktu untuk random gambar mulai aktif dan maka program casino akan berjalan.


    Private Sub Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button2.Click
        Timer1.Stop()

        If (y1 = y2) Or (y2 = y3) Or (y1 = y3) Then   
            MsgBox("Congratulation!", 0, "Reward"

            TextBox1.Text = TextBox1.Text + 1
            If TextBox1.Text = "5" Then
                MsgBox("SELAMAT ANDA MENANG")
                Form2.Show()
            End If
        Else
            TextBox1.Text = TextBox1.Text - 1
            If TextBox1.Text < "0" Then
                TextBox1.Text = ""
                MsgBox("MAAF ANDA BELUM BERUNTUNG")
                Form2.Show()
            Else
                If TextBox1.Text > "-1" Then
                    MsgBox("TRY AGAIN!")
                End If
         
 
        Button2.Enabled = False
    End Sub

Keterangan: Jika button 2 di klik maka timer akan nonaktif dan gambar yang tadinya lagi acak akan berhenti. Ada beberapa ketentuan dari listing ditas. Yaitu apabila random dari gambar acak itu = (y1 = y2) Or (y2 = y3) Or (y1 = y3) maka akan muncul messagebox ("Congratulation!", 0, "Reward") maka kita kan mendapat penambahan nyawa 1 point dan juga apabila kita menang sampai 5 kali maka point di textbox1nya mencapai 5 point.Maka akan muncul Msgbox ("SELAMAT ANDA MENANG"). Tapi jika textbox 1 atau nyawa yang tinggal <0 dan textbox1 kosong maka akan muncul MsgBox("MAAF ANDA BELUM BERUNTUNG"). Dan akan ada pengurangan point nyawa ditextbox1.Dan jika nyawa yang tinggal udah tidak ada maka akan muncul MsgBox("TRY AGAIN!")

    Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        TextBox1.Text = "2"
        Button2.Enabled = False
    End Sub

 Keterangan:Ditentukan jumlah nyawa yang ada pada game ini  adalah 2.

    Private Sub Button3_Click_1(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button3.Click
        Form2.Show()
    End Sub
End Class

Keterangan apabila kita klik button 3 maka akan muncul form2
Berikut komponen toolbox yang digunakan
Komponen
Properties
Keterangan

Form1
Name
Text
Form1
Oke
Label 2
Name
Text
Label2
Permainan acak gambar
Label1
Name
Text
Label1
Nyawa anda tinggal
Textbox1
Name
Text
Textbox1
Picturebox1
Picturebox1
Picturebox2
Picturebox2
Picturebox3
Picturebox3
Button1
Name
Text
Button1
Start
Button2
Name
Text
Button2
End
Button3
Name
Text
Button3
Exit





Form2
               
Di dalam form 2 akan ada 2 pilihan, jika kita memilih Ya maka muncul form 1 dan kita akan menjalankan game lagi, tapi kalau tidak maka permainan berakhir sudah.
Listing form 2
Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
        Form1.Show()
        Me.Hide()
    End Sub

Keterangan :Jika button1 diklik maka akan muncul form1.Itu artinya kita bisa memulai permainan lagi.

    Private Sub Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button2.Click
        End
    End Sub
Keterangan :Jika kita klik button2 maka aplikasi selesai dijalankan.



Komponen toolbox dalam form2



Komponen
Properties
Keterangan

Form2
Name
Text
Form2
Oke
Label 1
Name
Text
Label1
Main lagi?
Button1
Name
Text
Button1
Ya
Button2
Name
Text
Button2
Tidak

 Demikian tutorial cara membuat game casino angka. Kita bisa mengubah dan membuat listing baru sesuai dengan keinginan kita dan menginginkan game yang sepertia apa, akan bisa kita ciptakan sendiri. SELAMAT MENCOBA

1 komentar: