TUTORIAL GAME CASINO
Aplikasi Game casino adalah sebuah aplikasi game yang dibuat dengan tujuan untuk menghibur pengguna.
Aplikasi ini dibuat dengan platform Visual Basic 2010 yang menggunakan .NET
Framework 4.
Aplikasi ini
dibuat dengan bantuan komponen toolbox seperti timer, button, label.
Dibawah ini adalah
penjelasan aplikasi Slot Machine secara umum :
Form 1
Berikut tampilan display form 1
Variabel yang digunakan adalah:
·
Play
Play di sini untuk masuk ke form
berikutnya dan memulai permainan
·
Exit
Untuk keluar dari games oke 24
Berikut listing untuk form 1
Public Class Form1
Private Sub
Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button1.Click
Form2.show()
Me.Hide()
End Sub
Maksud nya adalah apabila kita klik button1 maka akan muncul form2 dan form 1
tertutup. Button 1 ini untuk masuk ke form berikutnya dan memulai permainan.
Private Sub
Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button2.Click
End
End Sub
Button 2 untuk keluar dari
aplikasi games
Private Sub
Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
MyBase.Load
CenterToScreen()
End Sub
End Class
Center to screen
untuk menjadikan tampilan form berada di tengah ketika di run.
Berikut komponen
toolbox yang di gunakan pada form1
Komponen
|
Properties
|
Keterangan
|
Form1
|
Name
Text
|
Form1
|
Label 1
|
Name
Text
|
Label1
Games oke 24
|
Button1
|
Name
Text
|
Button1
Play
|
Button2
|
Name
Text
|
Button2
Exit
|
Form 2
Berikut tampilan form 2
Variabel yang digunakan:
·
Modal
·
Kesempatan
·
Point
·
Start
·
Stop
Listing form2
Public Class Form2
Private Sub
Button3_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button3.Click
Timer1.Enabled = True
Label2.Text = ""
Label3.Text = ""
Label4.Text = ""
End Sub
Disini label1
label2 dn label3 kosong dan timer aktif. Maksudnya apabila kita klik Button 3
waktunya untuk memulai permainan maka timer akan berjalan, dan angka-angka yang
ada pada label-label akan mulai bergerak.
Private Sub
Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button2.Click
Timer1.Enabled = False Maksudnya Timer di nonaktifkan
Randomize()
Label2.Text = Int(Rnd() * 5) + 1
Label3.Text = Int(Rnd() * 5) + 1
Label4.Text = Int(Rnd() * 5) + 1
Label2.Text = CStr(Int(Rnd() * 10))
Label3.Text = CStr(Int(Rnd() * 10))
Label4.Text = CStr(Int(Rnd() * 10))
Listing ini adalah pola dari
angka-angka yang diacak . Angka-angka yang diacak adalah dari 0-9. Baik itu di
label 1, label2 maupun dilabel3 angka yang diacak adalah 0-9 .
If (Label2.Text = "0")
Or (Label3.Text = "0")
Or (Label4.Text = "0")
Then
MsgBox("Congratulation")
TextBox1.Text = TextBox1.Text + 10
TextBox2.Text = TextBox2.Text + 1
Listing ini maksudnya apabila
salah satu dari label1, label2, label3 muncul angka 0 disalah satu labelnya
maka akan muncul messagebox “congratulation”.Itu berarti kita berhasil dan akan
mendapat penambahan kesempatan 1 kali dan penambahan modal 10 point.
Else
MsgBox("Try again")
TextBox1.Text = TextBox1.Text - 10
TextBox2.Text = TextBox2.Text - 1
End If
Maksud listing ini apabila kita
kalah atau di label 1, label2, label3 tidak muncul angka 0 ketika distop maka artinya kita kalah dan akan
muncul messagebox “Try again”. Dan ketentuan permainannya berdasarkan listing
diatas adalah kita akan mendapat pengurangan 10 point dari modal yang kita
punya dan kita akan kehilangan 1 kesempatan untuk bermain.
If TextBox2.Text = "0"
Then
MsgBox("YAAAH,game over")
Form3.Show()
Me.Close()
End If
End Sub
Ketentuannya
adalah kita punya 5 kesempatan. Dan Maksud listing ini adalah jika textbox3 “0”
artinya kesempatan yang kita punya itu sudah habis maka akan muncul messagebox
“yahh game over”. akan berlanjut ke form 3.
Private Sub
Form2_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
MyBase.Load
CenterToScreen()
Center to screen agar display berada ditengah
saat dirun
Timer1.Enabled = False
Timer belum diaktifkan ketika
form 2 muncul dan belum di start
TextBox2.Text = "5"
TextBox1.Text = "100"
End Sub
Listing ini
untuk membuat ketentuan pada form 2 yaitu pada variabel modal ditentukan bahwa
modal yang ada di textbox1 adalah 100. Dan Kesempatan yang tersedia adalah 5
kali.
Private Sub
Timer1_Tick(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Timer1.Tick
'label akan menampilkan bilangan acak 0-9'
Label2.Text = Int(Rnd() * 10)
Label3.Text = Int(Rnd() * 10)
Label4.Text = Int(Rnd() * 10)
End Sub
Listing diatas
akan menghasilkan dan memunculkan bilangan acak
dari 0-9 pada label 2, label3,
label 4.
Komponen toolbox
yang digunakan dalam form 2
Komponen
|
Properties
|
Keterangan
|
Form2
|
Name
Text
|
Form2
Games oke 24
|
Label 1
|
Name
Text
|
Label1
Games oke 24
|
Label2
|
Name
Text
|
Label2
|
Label3
|
Name
Text
|
Label3
|
Label4
|
Name
Text
|
Label4
|
Label5
|
Name
Text
|
Label5
Modal
|
Label6
|
Name
Text
|
Label6
Kesempatan
|
Button3
|
Name
Text
|
Button3
Start
|
Button2
|
Name
Text
|
Button2
Stop
|
Form3
Berikut tampilan form3
Variabel yang digunakan:
·
Restart
·
Quit
Listing yang digunakan:
Public Class Form3
Private Sub
Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button2.Click
Close()
End Sub
Private Sub
Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button1.Click
CenterToScreen()
Me.Show()
Me.Close()
End Sub
End Class
Tidak ada komentar:
Posting Komentar