GAME PUZZLE OKE 24
Tujuan : Untuk membuat aplikasi Game Puzzle dengan
mengaplikasikan beberapa control dasar
pada visual basic 2010
Form awal saat kita buka adalah seperti di bawah ini, dimana
ada kolom nama yang wajib disikan apabila tidak diisi maka akan muncul
peringatan msg.box
Listing :
Private Sub Button1_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button1.Click
If
TextBox1.Text = "" Then
MsgBox("Nama
Pengguna Harus di isi") -> msg.box akan muncul jika kita sebelum
memainkan permainan tidak mengisi nama kita sebagai user permainan puzzle.
Apabila kita mengisikan
data nama dan menekan tombol start maka program game puzzle terbuka dan kita
siap menjalankan game.
Return
End If
Form1.Show()
End Sub
Listing :
Public Class Form1
Dim digeser
As Object
Dim acak,
menit, detik As Integer
( akan mengubah satuan data menjadi angka yang dapat dihitung)
Dim tukar As String
Private Sub Form1_Load(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
MyBase.Load
Me.Text
= "GAME PUZZLE OKE 24" =>
adalah judul pada form program puzzle ketika dibuka
End Sub
Apabila kita menekan
tombol start maka otomatis gambar akan diacak dengan menggunakan rumus timer.
Private Sub Button10_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button10.Click
Timer1.Enabled = True (timer true maka akan berfungsi untuk mengacak
sesuai dengan rumus timer yang diatur)
acak = Rnd() * 10
End Sub
Dan akan berhenti
mengacak apabila menekan tombol stop, dimana rumus tombol stop adalah timer 1
false, yaitu menghentikan pengacakan dengan timer.
Private Sub Button11_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button11.Click
Timer1.Enabled = False
(fungsi timer adalah mengacak sesuai rumus, apabila fungsi timer kita
false kan maka akan menghentikan acakan)
End Sub
Rumus pada timer :
Private Sub Timer1_Tick(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Timer1.Tick
digeser = B0.BackgroundImage
B0.BackgroundImage = B4.BackgroundImage
B4.BackgroundImage = digeser
tukar = B0.Text
B0.Text = B4.Text
B4.Text = tukar => apabila timer is
true maka button 0 akan bergeser / bertukar pada button 4
digeser = B0.BackgroundImage
B0.BackgroundImage = B3.BackgroundImage
B3.BackgroundImage = digeser
tukar = B0.Text
B0.Text = B3.Text
B3.Text = tukar => apabila timer is
true maka button 0 akan bergeser / bertukar pada button 3
digeser = B2.BackgroundImage
B2.BackgroundImage = B7.BackgroundImage
B7.BackgroundImage = digeser
tukar = B2.Text
B2.Text = B7.Text
B7.Text = tukar => apabila timer is
true maka button 2 akan bergeser / bertukar pada button 7
digeser = B2.BackgroundImage
B2.BackgroundImage = B6.BackgroundImage
B6.BackgroundImage = digeser
tukar = B2.Text
B2.Text = B6.Text
B6.Text = tukar=> apabila timer is
true maka button 2 akan bergeser / bertukar pada button 6
digeser = B3.BackgroundImage
B3.BackgroundImage = B8.BackgroundImage
B8.BackgroundImage = digeser
tukar = B3.Text
B3.Text = B8.Text
B8.Text = tukar => apabila timer is
true maka button 3 akan bergeser / bertukar pada button 8
digeser = B3.BackgroundImage
B3.BackgroundImage = B1.BackgroundImage
B1.BackgroundImage = digeser
tukar = B3.Text
B3.Text = B1.Text
B1.Text = tukar => apabila timer is
true maka button 3 akan bergeser / bertukar pada button 1
digeser = B5.BackgroundImage
B5.BackgroundImage = B8.BackgroundImage
B8.BackgroundImage = digeser
tukar = B5.Text
B5.Text = B8.Text
B8.Text = tukar => apabila timer is
true maka button 5 akan bergeser / bertukar pada button 8
digeser = B5.BackgroundImage
B5.BackgroundImage = B7.BackgroundImage
B7.BackgroundImage = digeser
tukar = B5.Text
B5.Text = B7.Text
B7.Text = tukar => apabila timer is
true maka button 5 akan bergeser / bertukar pada button 7
digeser = B6.BackgroundImage
B6.BackgroundImage = B1.BackgroundImage
B1.BackgroundImage = digeser
tukar = B6.Text
B6.Text = B1.Text
B1.Text = tukar => apabila timer is
true maka button 6 akan bergeser / bertukar pada button 1
End Sub
Pada tombol reset
digunakan rumus seperti dibawah ini, dimana apabila kita telah melakukan
beberapa langkah lalu kita reset maka langkah yang kita miliki akan kembali
utuh sebesar 50 dan secara bersamaan akan mengacak lagi karena timer1 is true.
Gambar 1
Gambar 2
Jika kita menekan tombol play maka angka akan mengacak
secara acak dimanaakan diberi kesempatan untuk menggeser sebanyak 50 kali
(gambar1), setiap geseran akan dikurang satu
kesempatan menggeser(gambar2)
Listing :
Private Sub Button12_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button12.Click
Timer1.Enabled = True
Label2.Text = "50"
( apabila ditekan tombol tersebut maka timer is true dan nyawa untuk
melangkah kembali utuh yaitu disediakan 50)
End Sub
Pada setiap tombol
button gambar dimasukkan listing seperti berikut sesuai dengan letaknya
·
Tombol 1 hanya dapat digeser kekanan pada tombol
2 dan kebawah pada tombol 4
Private Sub B1_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
B1.Click
Apabila B1 ingin
tukar posisi hanya ada dua kemungkinan untuk menukar posisi yaitu pada B2 dan
B4
If
B2.Text = "" Then
digeser = B1.BackgroundImage
B1.BackgroundImage =
B2.BackgroundImage
B2.BackgroundImage = digeser
tukar = B1.Text
B1.Text = B2.Text
B2.Text = tukar
Label2.Text = Int(Label2.Text) – 1 1
=> jika B2 digeser maka setiap nyawa akan berkurang satu
ElseIf Label2.Text = "0"
Then
MsgBox("kasihan deh luu")= menunjukkan
bahwa apabila kita melangkah sebanyak lebih dari 50 dan belum berhasil menyusun
gambar maka secara otomatis msgbox muncul dengan keterangan (“Kasihan deh luu”)
ElseIf
B4.Text = "" Then
digeser = B1.BackgroundImage
B1.BackgroundImage =
B4.BackgroundImage
B4.BackgroundImage = digeser
tukar = B1.Text
B1.Text = B4.Text
B4.Text = tukar
Label2.Text = Int(Label2.Text) – 1
=> jika B4 digeser maka setiap nyawa akan berkurang satu
ElseIf
Label2.Text = "0" Then
MsgBox("kasihan
deh luu")")= menunjukkan bahwa apabila kita
melangkah sebanyak lebih dari 50 dan belum berhasil menyusun gambar maka secara
otomatis msgbox muncul dengan keterangan (“Kasihan deh luu”)
End If
If B1.Text = "1" And B2.Text = "2"
And B3.Text = "3"
And B4.Text = "4"
And B5.Text = "5"
And B6.Text = "6"
And B7.Text = "7"
And B8.Text = "8"
And B0.Text = ""
Then
MsgBox("congrats yuaaa") = adalah
listing yang menunjukkan apabila kita dapat menempatkan posisi semula dan
menjadi gambar yang baik dan sempurna maka secara otomatis muncul Msgbox
(Congrats Yuaa)
End If
End Sub
·
Tombol 2 hanya dapat digeser kekanan tombol 3,
kebawah tombol 5 dan ke kiri tombol 1
Private Sub B2_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
B2.Click
Apabila B2 ingin
tukar posisi hanya ada dua kemungkinan untuk menukar posisi yaitu pada B3,B1
dan B5
If
B1.Text = "" Then
digeser = B2.BackgroundImage
B2.BackgroundImage =
B1.BackgroundImage
B1.BackgroundImage = digeser
tukar = B2.Text
B2.Text = B1.Text
B1.Text = tukar
Label2.Text = Int(Label2.Text) – 1 => jika B1 digeser maka setiap nyawa akan
berkurang satu
ElseIf
Label2.Text = "0" Then
MsgBox("kasihan
deh luu")")= menunjukkan bahwa apabila kita
melangkah sebanyak lebih dari 50 dan belum berhasil menyusun gambar maka secara
otomatis msgbox muncul dengan keterangan (“Kasihan deh luu”)
ElseIf
B3.Text = "" Then
digeser = B2.BackgroundImage
B2.BackgroundImage =
B3.BackgroundImage
B3.BackgroundImage = digeser
tukar = B2.Text
B2.Text = B3.Text
B3.Text = tukar
Label2.Text = Int(Label2.Text) – 1 => jika B4 digeser maka setiap nyawa akan
berkurang satu
ElseIf
Label2.Text = "0" Then
MsgBox("kasihan
deh luu")")= menunjukkan bahwa apabila kita
melangkah sebanyak lebih dari 50 dan belum berhasil menyusun gambar maka secara
otomatis msgbox muncul dengan keterangan (“Kasihan deh luu”)
Apabila B5 kosong
maka dapat ditukar dengan posisi B2, B4, B6, B8
ElseIf
B5.Text = "" Then
digeser = B5.BackgroundImage
B5.BackgroundImage = B2.BackgroundImage
B2.BackgroundImage = digeser
tukar = B5.Text
B5.Text = B2.Text
B2.Text = tukar
Label2.Text = Int(Label2.Text) – 1
=> jika B4 digeser maka setiap nyawa akan berkurang satu
ElseIf
Label2.Text = "0" Then
MsgBox("kasihan
deh luu")")= menunjukkan bahwa apabila kita
melangkah sebanyak lebih dari 50 dan belum berhasil menyusun gambar maka secara
otomatis msgbox muncul dengan keterangan (“Kasihan deh luu”)
End If
If
B1.Text = "1" And B2.Text = "2"
And B3.Text = "3"
And B4.Text = "4"
And B5.Text = "5"
And B6.Text = "6"
And B7.Text = "7"
And B8.Text = "8"
And B0.Text = ""
Then
MsgBox("congrats
yuaaa") = adalah listing
yang menunjukkan apabila kita dapat menempatkan posisi semula dan menjadi
gambar yang baik dan sempurna maka secara otomatis muncul Msgbox (Congrats
Yuaa)
End If
End Sub
·
Tombol 3 hanya dapat digeser kekiri tombol 2 dan
kebawah tombol 6
Private Sub B3_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
B3.Click
Apabila B3 ingin
tukar posisi hanya ada dua kemungkinan untuk menukar posisi yaitu pada B6 dan
B2
If
B2.Text = "" Then
digeser = B3.BackgroundImage
B3.BackgroundImage = B2.BackgroundImage
B2.BackgroundImage = digeser
tukar = B3.Text
B3.Text = B2.Text
B2.Text = tukar
Label2.Text = Int(Label2.Text) - 1
ElseIf
Label2.Text = "0" Then
MsgBox("kasihan
deh luu")
ElseIf
B6.Text = "" Then
digeser = B3.BackgroundImage
B3.BackgroundImage =
B6.BackgroundImage
B6.BackgroundImage = digeser
tukar = B3.Text
B3.Text = B6.Text
B6.Text = tukar
Label2.Text = Int(Label2.Text) - 1
ElseIf
Label2.Text = "0" Then
MsgBox("kasihan
deh luu")= menunjukkan
bahwa apabila kita melangkah sebanyak lebih dari 50 dan belum berhasil menyusun
gambar maka secara otomatis msgbox muncul dengan keterangan (“Kasihan deh luu”)
End If
If
B1.Text = "1" And B2.Text = "2"
And B3.Text = "3"
And B4.Text = "4"
And B5.Text = "5"
And B6.Text = "6"
And B7.Text = "7"
And B8.Text = "8"
And B0.Text = ""
Then
MsgBox("congrats
yuaaa") = adalah listing
yang menunjukkan apabila kita dapat menempatkan posisi semula dan menjadi
gambar yang baik dan sempurna maka secara otomatis muncul Msgbox (Congrats
Yuaa)
End If
End Sub
·
Tombol 4 hanya dapat digeser kekanan tombol 5
dan kebawah tombol 7
Private Sub B4_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
B4.Click
Apabila B4 ingin
tukar posisi hanya ada dua kemungkinan untuk menukar posisi yaitu pada B1 dan
B5
If
B1.Text = "" Then
digeser = B4.BackgroundImage
B4.BackgroundImage =
B1.BackgroundImage
B1.BackgroundImage = digeser
tukar = B4.Text
B4.Text = B1.Text
B1.Text = tukar
Label2.Text = Int(Label2.Text) - 1
ElseIf
Label2.Text = "0" Then
MsgBox("kasihan
deh luu")
ElseIf
B5.Text = "" Then
digeser = B4.BackgroundImage
B4.BackgroundImage =
B5.BackgroundImage
B5.BackgroundImage = digeser
tukar = B4.Text
B4.Text = B5.Text
B5.Text = tukar
Label2.Text = Int(Label2.Text) - 1
ElseIf
Label2.Text = "0" Then
MsgBox("kasihan
deh luu")
ElseIf
B7.Text = "" Then
digeser = B4.BackgroundImage
B4.BackgroundImage =
B7.BackgroundImage
B7.BackgroundImage = digeser
tukar = B4.Text
B4.Text = B7.Text
B7.Text = tukar
Label2.Text = Int(Label2.Text) - 1
ElseIf
Label2.Text = "0" Then
MsgBox("kasihan
deh luu")= menunjukkan
bahwa apabila kita melangkah sebanyak lebih dari 50 dan belum berhasil menyusun
gambar maka secara otomatis msgbox muncul dengan keterangan (“Kasihan deh luu”)
End If
If
B1.Text = "1" And B2.Text = "2"
And B3.Text = "3"
And B4.Text = "4"
And B5.Text = "5"
And B6.Text = "6"
And B7.Text = "7"
And B8.Text = "8"
And B0.Text = ""
Then
MsgBox("congrats
yuaaa") = adalah listing
yang menunjukkan apabila kita dapat menempatkan posisi semula dan menjadi
gambar yang baik dan sempurna maka secara otomatis muncul Msgbox (Congrats
Yuaa)
End If
End Sub
·
Tombol 5 dapat digeser kesegala arah yaitu kekanan
pada tombol 6, kebawah tombol 8, keatas pada tombol 2, dan kekiri pada tombol 4
Private Sub B5_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
B5.Click
Apabila B5 ingin
tukar posisi hanya ada dua kemungkinan untuk menukar posisi yaitu pada B2, B4,
B6 dan B8
If
B2.Text = "" Then
digeser = B5.BackgroundImage
B5.BackgroundImage =
B2.BackgroundImage
B2.BackgroundImage = digeser
tukar = B5.Text
B5.Text = B2.Text
B2.Text = tukar
Label2.Text = Int(Label2.Text) - 1
ElseIf
Label2.Text = "0" Then
MsgBox("kasihan
deh luu")= menunjukkan
bahwa apabila kita melangkah sebanyak lebih dari 50 dan belum berhasil menyusun
gambar maka secara otomatis msgbox muncul dengan keterangan (“Kasihan deh luu”)
ElseIf
B4.Text = "" Then
digeser = B5.BackgroundImage
B5.BackgroundImage =
B4.BackgroundImage
B4.BackgroundImage = digeser
tukar = B5.Text
B5.Text = B4.Text
B4.Text = tukar
Label2.Text = Int(Label2.Text) - 1
ElseIf
Label2.Text = "0" Then
MsgBox("kasihan
deh luu")= menunjukkan
bahwa apabila kita melangkah sebanyak lebih dari 50 dan belum berhasil menyusun
gambar maka secara otomatis msgbox muncul dengan keterangan (“Kasihan deh luu”)
ElseIf
B6.Text = "" Then
digeser = B5.BackgroundImage
B5.BackgroundImage =
B6.BackgroundImage
B6.BackgroundImage = digeser
tukar = B5.Text
B5.Text = B6.Text
B6.Text = tukar
Label2.Text = Int(Label2.Text) - 1
ElseIf
Label2.Text = "0" Then
MsgBox("kasihan
deh luu") = menunjukkan
bahwa apabila kita melangkah sebanyak lebih dari 50 dan belum berhasil menyusun
gambar maka secara otomatis msgbox muncul dengan keterangan (“Kasihan deh luu”)
ElseIf
B8.Text = "" Then
digeser = B5.BackgroundImage
B5.BackgroundImage =
B8.BackgroundImage
B8.BackgroundImage = digeser
tukar = B5.Text
B5.Text = B8.Text
B8.Text = tukar
Label2.Text = Int(Label2.Text) - 1
ElseIf
Label2.Text = "0" Then
MsgBox("kasihan
deh luu") = menunjukkan
bahwa apabila kita melangkah sebanyak lebih dari 50 dan belum berhasil menyusun
gambar maka secara otomatis msgbox muncul dengan keterangan (“Kasihan deh luu”)
End If
If
B2.Text = "" Then
tukar = B5.Text
B5.Text = B2.Text
B2.Text = tukar
Label2.Text = Int(Label2.Text) - 1
ElseIf
Label2.Text = "0" Then
MsgBox("kasihan
deh luu")= menunjukkan
bahwa apabila kita melangkah sebanyak lebih dari 50 dan belum berhasil menyusun
gambar maka secara otomatis msgbox muncul dengan keterangan (“Kasihan deh luu”)
ElseIf
B4.Text = "" Then
tukar = B5.Text
B5.Text = B4.Text
B4.Text = tukar
Label2.Text = Int(Label2.Text) - 1
ElseIf
Label2.Text = "0" Then
MsgBox("kasihan
deh luu")= menunjukkan
bahwa apabila kita melangkah sebanyak lebih dari 50 dan belum berhasil menyusun
gambar maka secara otomatis msgbox muncul dengan keterangan (“Kasihan deh luu”)
ElseIf
B6.Text = "" Then
tukar = B5.Text
B5.Text = B6.Text
B6.Text = tukar
Label2.Text = Int(Label2.Text) - 1
ElseIf
Label2.Text = "0" Then
MsgBox("kasihan
deh luu")= menunjukkan
bahwa apabila kita melangkah sebanyak lebih dari 50 dan belum berhasil menyusun
gambar maka secara otomatis msgbox muncul dengan keterangan (“Kasihan deh luu”)
ElseIf
B8.Text = "" Then
tukar = B5.Text
B5.Text = B8.Text
B8.Text = tukar
Label2.Text = Int(Label2.Text) - 1
ElseIf
Label2.Text = "0" Then
MsgBox("kasihan
deh luu")= menunjukkan
bahwa apabila kita melangkah sebanyak lebih dari 50 dan belum berhasil menyusun
gambar maka secara otomatis msgbox muncul dengan keterangan (“Kasihan deh luu”)
End If
If
B1.Text = "1" And B2.Text = "2"
And B3.Text = "3"
And B4.Text = "4"
And B5.Text = "5"
And B6.Text = "6"
And B7.Text = "7"
And B8.Text = "8"
And B0.Text = ""
Then
MsgBox("congrats
yuaaa") = adalah listing
yang menunjukkan apabila kita dapat menempatkan posisi semula dan menjadi
gambar yang baik dan sempurna maka secara otomatis muncul Msgbox (Congrats
Yuaa)
End If
End Sub
·
Tombol 6 hanya dapat digeser kekiri tombol 5 dan
kebawah tombol 0
Private Sub B6_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
B6.Click
Apabila B6 ingin
tukar posisi hanya ada dua kemungkinan untuk menukar posisi yaitu pada B0,B3
dan B5
If
B3.Text = "" Then
digeser = B6.BackgroundImage
B6.BackgroundImage =
B3.BackgroundImage
B3.BackgroundImage = digeser
tukar = B6.Text
B6.Text = B3.Text
B3.Text = tukar
Label2.Text = Int(Label2.Text) - 1
ElseIf
Label2.Text = "0" Then
MsgBox("kasihan
deh luu")= menunjukkan
bahwa apabila kita melangkah sebanyak lebih dari 50 dan belum berhasil menyusun
gambar maka secara otomatis msgbox muncul dengan keterangan (“Kasihan deh luu”)
ElseIf
B5.Text = "" Then
digeser = B6.BackgroundImage
B6.BackgroundImage = B5.BackgroundImage
B5.BackgroundImage = digeser
tukar = B6.Text
B6.Text = B5.Text
B5.Text = tukar
Label2.Text = Int(Label2.Text) - 1
ElseIf
Label2.Text = "0" Then
MsgBox("kasihan
deh luu")= menunjukkan
bahwa apabila kita melangkah sebanyak lebih dari 50 dan belum berhasil menyusun
gambar maka secara otomatis msgbox muncul dengan keterangan (“Kasihan deh luu”)
ElseIf
B0.Text = "" Then
digeser = B6.BackgroundImage
B6.BackgroundImage =
B0.BackgroundImage
B0.BackgroundImage = digeser
tukar = B6.Text
B6.Text = B0.Text
B0.Text = tukar
Label2.Text = Int(Label2.Text) - 1
ElseIf
Label2.Text = "0" Then
MsgBox("kasihan
deh luu")= menunjukkan
bahwa apabila kita melangkah sebanyak lebih dari 50 dan belum berhasil menyusun
gambar maka secara otomatis msgbox muncul dengan keterangan (“Kasihan deh luu”)
End If
If
B1.Text = "1" And B2.Text = "2"
And B3.Text = "3"
And B4.Text = "4"
And B5.Text = "5"
And B6.Text = "6"
And B7.Text = "7"
And B8.Text = "8"
And B0.Text = ""
Then
MsgBox("congrats
yuaaa") = adalah listing
yang menunjukkan apabila kita dapat menempatkan posisi semula dan menjadi
gambar yang baik dan sempurna maka secara otomatis muncul Msgbox (Congrats
Yuaa)
End If
End Sub
·
Tombol 7 hanya dapat digeser kekanan tombol 8
dan keatas tombol 4
Private Sub B7_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
B7.Click
Apabila B7 ingin
tukar posisi hanya ada dua kemungkinan untuk menukar posisi yaitu pada B4 dan
B8
If
B4.Text = "" Then
digeser = B7.BackgroundImage
B7.BackgroundImage =
B4.BackgroundImage
B4.BackgroundImage = digeser
tukar = B7.Text
B7.Text = B4.Text
B4.Text = tukar
Label2.Text = Int(Label2.Text) - 1
ElseIf
Label2.Text = "0" Then
MsgBox("kasihan
deh luu")= menunjukkan
bahwa apabila kita melangkah sebanyak lebih dari 50 dan belum berhasil menyusun
gambar maka secara otomatis msgbox muncul dengan keterangan (“Kasihan deh luu”)
ElseIf
B8.Text = "" Then
digeser = B7.BackgroundImage
B7.BackgroundImage =
B8.BackgroundImage
B8.BackgroundImage = digeser
tukar = B7.Text
B7.Text = B8.Text
B8.Text = tukar
Label2.Text = Int(Label2.Text) - 1
ElseIf
Label2.Text = "0" Then
MsgBox("kasihan
deh luu")= menunjukkan
bahwa apabila kita melangkah sebanyak lebih dari 50 dan belum berhasil menyusun
gambar maka secara otomatis msgbox muncul dengan keterangan (“Kasihan deh luu”)
End If
If
B1.Text = "1" And B2.Text = "2"
And B3.Text = "3"
And B4.Text = "4"
And B5.Text = "5"
And B6.Text = "6"
And B7.Text = "7"
And B8.Text = "8"
And B0.Text = ""
Then
MsgBox("congrats
yuaaa")= adalah listing
yang menunjukkan apabila kita dapat menempatkan posisi semula dan menjadi
gambar yang baik dan sempurna maka secara otomatis muncul Msgbox (Congrats
Yuaa)
End If
End Sub
·
Tombol 8 dapat digeser ke atas pada tombol 5,
kekiri pada tombol 7 dan kekanan pada tombol 0
Private Sub B8_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
B8.Click
Apabila B8 ingin tukar posisi hanya ada dua
kemungkinan untuk menukar posisi yaitu pada B7,B0 dan B5
If
B5.Text = "" Then
digeser = B8.BackgroundImage
B8.BackgroundImage =
B5.BackgroundImage
B5.BackgroundImage = digeser
tukar = B8.Text
B8.Text = B5.Text
B5.Text = tukar
Label2.Text = Int(Label2.Text) - 1
ElseIf
Label2.Text = "0" Then
MsgBox("kasihan
deh luu")= menunjukkan
bahwa apabila kita melangkah sebanyak lebih dari 50 dan belum berhasil menyusun
gambar maka secara otomatis msgbox muncul dengan keterangan (“Kasihan deh luu”)
ElseIf
B7.Text = "" Then
digeser = B8.BackgroundImage
B8.BackgroundImage =
B7.BackgroundImage
B7.BackgroundImage = digeser
tukar = B8.Text
B8.Text = B7.Text
B7.Text = tukar
Label2.Text = Int(Label2.Text) - 1
ElseIf
Label2.Text = "0" Then
MsgBox("kasihan
deh luu")= menunjukkan
bahwa apabila kita melangkah sebanyak lebih dari 50 dan belum berhasil menyusun
gambar maka secara otomatis msgbox muncul dengan keterangan (“Kasihan deh luu”)
ElseIf
B0.Text = "" Then
digeser = B8.BackgroundImage
B8.BackgroundImage =
B0.BackgroundImage
B0.BackgroundImage = digeser
tukar = B8.Text
B8.Text = B0.Text
B0.Text = tukar
Label2.Text = Int(Label2.Text) - 1
ElseIf
Label2.Text = "0" Then
MsgBox("kasihan
deh luu")= menunjukkan
bahwa apabila kita melangkah sebanyak lebih dari 50 dan belum berhasil menyusun
gambar maka secara otomatis msgbox muncul dengan keterangan (“Kasihan deh luu”)
End If
If
B1.Text = "1" And B2.Text = "2"
And B3.Text = "3"
And B4.Text = "4"
And B5.Text = "5"
And B6.Text = "6"
And B7.Text = "7"
And B8.Text = "8"
And B0.Text = ""
Then
MsgBox("congrats
yuaaa")= adalah listing
yang menunjukkan apabila kita dapat menempatkan posisi semula dan menjadi
gambar yang baik dan sempurna maka secara otomatis muncul Msgbox (Congrats
Yuaa)
End If
End Sub
·
Tombol 0 hanya dapat digeser kekiri pada tombol
8 dan atas pada tombol 6
Private Sub B0_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
B0.Click
Apabila B0 ingin
tukar posisi hanya ada dua kemungkinan untuk menukar posisi yaitu pada B8 dan
B6
If
B6.Text = "" Then
digeser = B0.BackgroundImage
B0.BackgroundImage =
B6.BackgroundImage
B6.BackgroundImage = digeser
tukar = B0.Text
B0.Text = B6.Text
B6.Text = tukar
Label2.Text = Int(Label2.Text) - 1
ElseIf
Label2.Text = "0" Then
MsgBox("kasihan
deh luu")= menunjukkan
bahwa apabila kita melangkah sebanyak lebih dari 50 dan belum berhasil menyusun
gambar maka secara otomatis msgbox muncul dengan keterangan (“Kasihan deh luu”)
ElseIf
B8.Text = "" Then
digeser = B0.BackgroundImage
B0.BackgroundImage =
B8.BackgroundImage
B8.BackgroundImage = digeser
tukar = B0.Text
B0.Text = B8.Text
B8.Text = tukar
Label2.Text = Int(Label2.Text) - 1
ElseIf
Label2.Text = "0" Then
MsgBox("kasihan
deh luu")= menunjukkan
bahwa apabila kita melangkah sebanyak lebih dari 50 dan belum berhasil menyusun
gambar maka secara otomatis msgbox muncul dengan keterangan (“Kasihan deh luu”)
End If
If
B1.Text = "1" And B2.Text = "2"
And B3.Text = "3"
And B4.Text = "4"
And B5.Text = "5"
And B6.Text = "6"
And B7.Text = "7"
And B8.Text = "8"
And B0.Text = ""
Then
MsgBox("congrats
yuaaa")= adalah listing
yang menunjukkan apabila kita dapat menempatkan posisi semula dan menjadi
gambar yang baik dan sempurna maka secara otomatis muncul Msgbox (Congrats
Yuaa)
End If
End Sub
Apabila kita menekan
tombol Quit maka secara otomatis akan keluar dari program puzzle yang
dijalankan.
Private Sub Button13_Click(ByVal
sender As System.Object,
ByVal e As
System.EventArgs) Handles
Button13.Click
Close() => maka form akan mengakiri
permainan dan keluar dari program.
End Sub
End Class
Tidak ada komentar:
Posting Komentar