Kamis, 15 November 2012

Modul 1 kelompok 24



MODUL 1 KEL 24

MODUL 1
1. Visual basic 2010 adalah merupakan pemrograman terbaru dari Microsoft cooperationyang sangat diminati programmer karena penggunaanya mudah dan mempunyai segudang fitur dan fasilitas penunjang programmer membuat program
2. Visual Basic ditemukan oleh Alan Cooper
Fungsi Visual Basic adalah digunakan untuk membuat program akhir yang berekstensi EXE atau program yang langsung bisa dijalankan dan dengan Visual Basic kita bisa membuat imajinasi yang ada di hayalan kita bisa menjadi kenyataan dalam bentuk software
3. sejarah Visual Basic :
§  Visual Basic 1.0 dirilis untuk Windows pada Comdex/Windows Trade Show di AtlantaGeorgia pada Mei 1991.
§  Visual Basic 1.0 untuk DOS dirilis pada September 1992. Bahasa pemrogramannya sendiri tidak terlalu kompatibel dengan Visual Basic untuk Windows, karena sesungguhnya itu adalah versi selanjutnya dari kompiler BASIC berbasis DOS yang dikembangkan oleh Microsoft sendiri, yaitu QuickBASIC. Antarmuka dari program ini sendiri menggunakan antarmuka teks, dan memanfaatkan kode-kode ASCII tambahan untuk mensimulasikan tampilan GUI.
§  Visual Basic 2.0 dirilis pada November 1992. Lingkungan pemrogramannya lebih mudah untuk digunakan, dan kecepatannya lebih ditingkatkan.
§  Visual Basic 3.0 dirilis pada musim semi 1993 dan hadir dalam dua versi: Standar dan Professional. VB3 juga menyertakan versi 1.1 dari Microsoft Jet Database Engine yang dapat membaca dan menulis database Jet/Access 1.x.
  • Visual Basic 4.0 (Agustus 1995) adalah versi pertama yang dapat membuat program 32-bit seperti program 16-bit.
  • Dengan versi 5.0 (Februari 1997), Microsoft merilis Visual Basic eksklusif untuk versi 32-bit dari Windows.
  • Visual Basic 6.0 (pertengahan 1998) telah diimprovisasi di beberapa bagian, termasuk kemampuan barunya, yaitu membuat aplikasi web.
  • Visual Basic .NET (VB 7), dirilis pada tahun 2002 dengan bahasa yang powerful tapi tapi berbeda dari bahasa sebelumnya.
  • Visual Basic .NET 2003 (VB 7.1) , dirilis dengan menggunakan NET framework versi 1.1.
  • Visual Basic 2005 (VB 8.0) , merupakan versi lanjutandari Visual Basic .NET. dengan menghilangkan kata .NET 
  • Perbaikan Konversi dari Visual Basic ke Visual Basic 12 .
  • Visual Basic 2005 Express , merupkan bagian dari Product Visual Studio yang dibuat untuk pemula dan yang menggemari VB,
  • Tahun 2006 microsoft mengeluarkan Microsoft Visual basic versi 9.0
  • Visual Basic ‘VBx’ (VB 10.0) , menawarkan dukungan untuk Dynamic Language Runtime. VB 10 direncanakan akan menjadi bagian dari SilverLight 1.1 diluncurkan pada tahun 2010
4. Bahasa pemrograman :
 Bahasa pemrograman adalah bahasa yang dapat diterjemahkan oleh komputer berupa instruksi atau perintah-perintah dasar untuk dapat menjalankan sebuah program.
1. Object Oriented Language (Visual dBase, Visual FoxPro, Dephi, Visual C).
Merupakan aplikasi visual yang memakai bahasa pascal generasi turbo pascal
Kelebihan :
·         Sifatnya freeware.
·         Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Pascal, sehingga bagi pengguna yang terbiasa dengan dasar pemrograman yang familiar yaitu turbo pascal
·         Komponen dan Dokumentasi cukup lengkap.

Kelemahan :
·         Pengguna yang tidak bisa bahasa pascal akan kesulitan pada awalnya
·         Apabila terjadi perubahan komponen, maupun kesalahan penulisan kode, program tidak mau membetulkan otomatis dikarenakan Setiap komponen yang dimasukkan dalam form tampilan, diikutsertakan kode deklarasi dan inisialisasinya dalam list code
·         Apabila terdapat form/list code lain yang di-include-kan, harus dituliskan code/nama dari form/lost code di bagian “uses” dan juga inisialisasi variablenya.
2. High level (Seperti Pascal dan Basic).
kelebihan :
·         Tipe Data Standar: booleanintegerreal,charstring,
·         programmer dapat membuat tipe data lain yang diturunkan dari tipe data standar.
·         Terstruktur, dapat dipecah menjadi yang lebih kecil dan dapat di gunakan secara berulang..
·         Bahasa yang digunakan sederhana (inggris) sehingga mudah di pahami dan di pelajari
·         programmer harus menentukan sendiri tipe data dari suatu variabel, dan variabel tersebut tidak dapat dipergunakan untuk menyimpan tipe data selain dari format yang ditentukan

Kekurangan:
·         Tidak fleksibel penggunaannya.
·         Bahasa PASCAL juga merupakan bahasa yang digunakan sebagai standar bahasa pemrograman bagi tim nasional Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) dan digunakan dalam IOI (International Olympiad in Informatics).

3. Middle level (Seperti Bahasa C).
Kelebihan :
1.Bahasa C tersedia hampir di semua jenis computer
2.Kode bahasa C sifatnya adalah portable Aplikasi
3.Bahasa C hanya menyediakan sedikit kata-kata kunci
4.Proses executable program bahasa C lebih cepat
5.Dukungan pustaka yang banyak Keandalan bahasa C dicapai dengan adanya fungsi-fungsi pustaka.
6.Bahasa C mudah dipahami karena memiliki stuktur yang baik.
7.Bahasa C adalah bahasa penengah yang dapat menghubungkan bahasa tinggi dari yang rendah

Kekurangan :
·         Banyaknya Operator serta fleksibilitas penulisan program kadang-kadang membingungkan pemakai.
·         Bagi pemula pada umumnya akan kesulitan menggunakan pointer.
4.VB ( Visual Basic )
Microsoft Visual Basic atau VB merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM)
Kelebihan :
·         Bahasa yang sederhana.
·         Karena VB popular maka banyak yang mengakses nya dan kita akan banyak mendapat referensi untuk belajar
·         Kita bisa memperoleh banyak tools baik gratis maupun tidak di Internet yang sangat efisien waktu

Kekurangan
·         Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang powerful, tetapi sebenarnya tidak terlalu bagus untuk membuat game-game yang benar-benar memuaskan
·         Lebih lambat dibandingkan bahasa pemrograman lain.
5. JAVA
Java adalah nama untuk sekumpulan teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat luinak pada komputer standalone ataupun pada lingkungan jaringan.
Kelebihan :
·         Bahasa Java bahasa pemrograman berorientasi objek, pemrograman terdistribusi dan bahasa pemrograman multithrreaded .
·         Objek Java dispesifikasi dengan membentuk kelas.
·         Bahasa Java sangat mudah di pelajari karena banyaknya contoh dan konsep yang beredar luas, baik berupa buku maupun di internet.
Kekurangan :
Tetapi program dalam bahasa Java lebih lama saat dieksekusi, dikarenakan untuk menjalankan programnya dibutuhkan JVM (perantara antar program dan sistem operasi).
6.HTML

HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa
pemrograman yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.
Kelebihan HTML antara lain:
·         Merupakan bahasa penkodean yang lintas platform, maksudnya HTML dapat digunakan pada berbagai jenis mesin komputer yang berbeda dan berbagai macam sistem operasi yang berbeda..
·         Dapat disisipi gambar baik gambar statis atau dinamis (animasi) termasuk menggunakan gambar untuk dijadikan hyperlink.
·         Dapat disisipi animasi berupa Java Applet atau file-file animasi dari Macromedia Flash atau Macromedia Shockwave (untuk keperluan ini
·         Dapat disisipi bahasa pemrograman untuk mempercantik halaman web
·         Cara menjalanakannya cukup dengan menggunakan browser.

Adapun kekurangan dari HTML ini adalah:
·         Menghasilkan halaman yang statis.
·         Memiliki tag-tag yang sangat banyak sehingga susah dipelajari untuk yang masih awam.
·         Tidak dapat menghasilkan halaman yang interaktif



5. Flowchart merupakan gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta pernyataannya.
•      Dengan menggunakan flowchart akan memudahkan kita untuk melakukan pengecekan bagian-bagian yang terlupakan dalam analisis masalah. Di samping itu flowchart juga berguna sebagai fasilitas untuk berkomunikasi antara pemrogram yang bekerja dalam tim suatu proyek.
Macam-macam flowchart :
  1. Flowchart Sistem (System Flowchart)
Flowchart Sistem merupakan bagan yang menunjukkan alur kerja di dalam sistem secara keseluruhan dan menjelaskan urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem. Dengan kata lain, flowchart ini merupakan deskripsi secara grafik dari urutan prosedur-prosedur yang terkombinasi yang membentuk suatu sistem.
  1. Flowchart Paperwork / Flowchart Dokumen (Document Flowchart)
Bagan alir yang menunjukkan arus dari laporan dan formulir termasuk tembusan-tembusannya. Menggunakan simbol-simbol yang sama dengan bagan alir sistem.
  1. Flowchart Skematik (Schematic Flowchart)
Merupakan bagan alir yang mirip dengan bagan alir sistem, yaitu menggambarkan prosedur di dalam sistem. Perbedaannya adalah bagan alir skematik selain menggunakan simbol-simbol bagan alir sistem juga menggunakan gambar-gambar komputer dan peralatan lainnya yang digunakan. Fungsi penggunaan gambar tersebut adalah untuk memudahkan komunikasi kepada orang yang kurang mengerti dengan simbol-simbol bagan alir.
  1. Flowchart Program (Program Flowchart)
Flowchart Program merupakan keterangan yang lebih rinci tentang bagaimana setiap langkah program atau prosedur sesungguhnya dilaksanakan. Flowchart ini menunjukkan setiap langkah program atau prosedur dalam urutan yang tepat saat terjadi.
  1. Flowchart Proses (Process Flowchart)
Merupakan bagan alir yang banyak digunakan di teknik industri. Berguna bagi analis sistem untuk menggambarkan proses dalam suatu prosedur. Juga dapat menunjukkan jarak kegiatan yang satu dengan yang lainnya serta waktu yang diperlukan oleh suatu kegiatan.

6. Component Toolbox :
·         Pointer
di gunakan sebagai arah penunjuk apabila  kita ingin memilih komponen kontrol yang sudah di pasang di form.
·         Picture box
 Merupakan tool untuk menampilkan atau memasukkan  gambar pada vb dengan
format: BMP, DIB (bitmap), ICO (icon), CUR (cursor), WMF
(metafile), EMF (enhanced metafile), GIF, dan JPEG.
·         Label
Merupakan tool untuk membuat teks seperti judul, dan sebagainya. Label tidak bisa diganti-ganti oleh user.
·         Frame
Merupakan tool yang digunakan untuk membuat sebuah bingkai.
·         CheckBox
Merupakan tool untuk membuat kontrol pilihan suatu keadaan. CheckBox dapat di pilih 1 atau lebih.
·         ComboBox
merupakan tool Untuk mengombinasi antara TextBox dengan ListBox.
·         HscrollBar
merupakan tool Untuk membuat Scrollbar horizontal.
·         Timer
Merupakan tool untuk mengatur  waktu.
·         DirListBox
Merupakan tool untuk memunculkan direktori atau folder.
·         Line
Tool yang digunakan untuk membuat garis.
·         Data
Tool yang digunakan untuk menghubungkan database ke form. 
·         Button
 untuk membuat tombol perintah
·         TextBox
 adalah untuk menempatkan dan mengedit teks

7. Jenis-jenis data di dalam setiap bahasa pemrograman belum tentu sama, namun biasanya terbagi menjadi beberapa bagian besar, yaitu :
·         Data Numerik atau bilangan, yaitu jenis data yang digunakan dalam proses aritmatika atau proses matematis lainnya.
·         Data String, yaitu jenis data yang dapat terdiri dari berbagai macam karakter. Digunakan untuk proses yang non matematis.
·         Data Logika, yaitu data yang hanya terdiri dari dua satuan, yaitu benar (true) dan salah (false). Digunakan dalam suatu proses logika yang terdiri dari persamaan boolean.
·         Tipe Data untuk Tanggal dan waktu


8. Algoritma adalah urutan aksi-aksi yang dinyatakan dengan jelas untuk memecahkan suatu masalah dalam rentang waktu tertentu. Setiap aksi harus dapat
dikerjakan dan mempunyai efek tertentu.
Algoritma dapat dituliskan dengan banyak cara, mulai dari menggunakan bahasa
alami yang digunakan sehari-hari, simbol grafik bagan alir, sampai menggunakan bahasa
pemograman seperti bahasa C atau C++
           

9.Mengenal IDE (Integrated Developement Environment) Visual Basic merupakan basic bagi programmer dalam mengembangkan aplikasinya yang digunakan untuk mendesain, koding,debagging dan komplikasi program.
 Dengan menggunakan IDE programmer dapat membuat user interface, melakukan koding, testing dan debuging serta menkompilasi program menjadi executable, sehingga dapat bekerja secara efektif.

Contoh IDE Visual Basic

Macam – macam IDE :
·         Menu bar 
·         Main toolbar.
·         Form designer
·         Toolbox
·         Code Window
·         Properties Window
·         Project Window
·         Data Sources

10. Flowchart merupakan gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta pernyataannya.
•      Dengan menggunakan flowchart akan memudahkan kita untuk melakukan pengecekan bagian-bagian yang terlupakan dalam analisis masalah. Di samping itu flowchart juga berguna sebagai fasilitas untuk berkomunikasi antara pemrogram yang bekerja dalam tim suatu proyek.
Macam-macam flowchart :
  1. Flowchart Sistem (System Flowchart)
Flowchart Sistem merupakan bagan yang menunjukkan alur kerja atau apa yang sedang dikerjakan di dalam sistem secara keseluruhan dan menjelaskan urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem. Dengan kata lain, flowchart ini merupakan deskripsi secara grafik dari urutan prosedur-prosedur yang terkombinasi yang membentuk suatu sistem.
  1. Flowchart Paperwork / Flowchart Dokumen (Document Flowchart)
Bagan alir yang menunjukkan arus dari laporan dan formulir termasuk tembusan-tembusannya. Menggunakan simbol-simbol yang sama dengan bagan alir sistem.
  1. Flowchart Skematik (Schematic Flowchart)
Merupakan bagan alir yang mirip dengan bagan alir sistem, yaitu menggambarkan prosedur di dalam sistem. Perbedaannya adalah bagan alir skematik selain menggunakan simbol-simbol bagan alir sistem juga menggunakan gambar-gambar komputer dan peralatan lainnya yang digunakan. Fungsi penggunaan gambar tersebut adalah untuk memudahkan komunikasi kepada orang yang kurang mengerti dengan simbol-simbol bagan alir.
  1. Flowchart Program (Program Flowchart)
Flowchart Program merupakan keterangan yang lebih rinci tentang bagaimana setiap langkah program atau prosedur sesungguhnya dilaksanakan. Flowchart ini menunjukkan setiap langkah program atau prosedur dalam urutan yang tepat saat terjadi.
  1. Flowchart Proses (Process Flowchart)
Merupakan bagan alir yang banyak digunakan di teknik industri. Berguna bagi analis sistem untuk menggambarkan proses dalam suatu prosedur. Juga dapat menunjukkan jarak kegiatan yang satu dengan yang lainnya serta waktu yang diperlukan oleh suatu kegiatan.
11.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar